Perjalanan

Torang Bapontar Ke Papua (part 1)

By on August 2, 2019

Kami bertiga yang bergabung dalam Torang Bapontar kali ini kembali melakukan trip yang lumayan jauh dari Manado, sebagai home base kami.

Destinasi kali ini adalah Papua. Kami akan menuju ke Abepura di Sentani, Jayapura lalu melakukan trip ke beberapa lokasi hingga ke Lembah Baliem.

Setelah melakukan berbagai persiapan, maka pada Jumat, 2 Agustus 2019 kami pun berangkat menuju ke Bandara Sentani di Jayapura. Sebagaimana yang sudah kami persiapkan jauh hari sebelumnya, kami membeli tiket maskapai Lion Air penerbangan jam 8 pagi.

Kami, Ronny Buol, Suhandri (Bios) Lariwu, Finneke Wolajan berkumpul di Bandara Sam Ratulangi Manado pada jam 6 pagi. Kami sengaja datang lebih pagi dari waktu boarding pukul 07.30 WITA, karena kami membawa beberapa peralatan yang cukup banyak.

Setelah ditimbang, ternyata bagasi kami mencapai 31,5 Kg. Kami telah membeli bagasi saat membeli tiket sebesar 10 Kg. Jadi kami harus membayar 21,5 Kg lagi, dan itu sangat mahal. Kami harus mengeluarkan Rp1,4 juta untuk berat bagasi seperti itu.

Peralatan kamera foto dan videografi yang kami bawa kami taruh di tas yang dibawa ke cabin. Selain pertimbangan keamanan barang, juga agar tidak dikenakan charge bagasi.

Pesawat tinggal landas sesuai dengan yang dijadwalkan. Cuacana cerah. Fine membuat video dan mengambil beberapa foto saat pesawat take off, dan nanti berhenti saat awan menuutpi pemandangan.

Pesawat yang kami tumpangi banyak kursi kosong, jadi kami leluasa memilih tempat duduk yang lain agar bisa mendapatkan foto di dekat jendela.

Pesawat Lion Air yang kami tumpangi transit di Sorong sekitar 45 menit, setelah terbang dari Manado selama kurang lebih satu jam. Penumpang transit diminta untuk tidak turun, tetapi Bios mendapat ijin keluar dari pintu untuk mengambil gambar bandaranya.

Penerbangan kemudian dilanjutkan menuju Bandara Sentani dengan waktu tempuh sekutar 1,5 jam. Cuaca sangat cerah, sesekali berawan dan kami memotret sekaligus membuat video.

Mendekati mendarat di Sentani, kami kegirangan karena melihat pemandangan di bawah sana yang sangat indah. Danau Sentani begitu memesona untuk difoto, sayang jendela pesawatnya kotor sehingga menghalangi lensa mencari fokus.

Kami tiba di Bandara Sentani dan sudah dijemput mobil rental yang disiapkan oleh kakaknya Ronny yang dalam setahun ini menjadi pendeta di Abepura.

Kami kemudian menuju rumahnya di Abepura, beristirahat makan dan pada sore hari, kami bertiga melakukan street hunting di sekitar Abepura.

Walau hanya sekedar orientasi lokasi, tapi kami mendapat beberapa moment menarik yang akan kami sajikan dalam postingan yang berbeda. Ini adalah hari pertama kami dalam Torang Bapontar Ke Papua.